Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Gamifikasi Dengan Audio Untuk Pengenalan Huruf Anak Prasekolah

Authors

  • Reo Rizki Ananda Universitas Negeri Medan
  • Yusfi Syawali Universitas Negeri Medan
  • Dedy Kiswanto Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Fikri Zulfi Universitas Negeri Medan
  • Adamsyach Prana Walidin Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Rizki Andrian Fitra Universitas Negeri Medan

Keywords:

pengembangan aplikasi android, gamifikasi, audio, pengenalan huruf, anak prasekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi dengan dukungan audio guna meningkatkan efektivitas pengenalan huruf pada anak usia prasekolah. Pengenalan huruf merupakan tahap awal yang penting dalam perkembangan literasi anak, namun metode konvensional sering kali kurang menarik bagi anak-anak dengan rentang perhatian pendek. Oleh karena itu, penelitian ini mengintegrasikan elemen gamifikasi seperti poin, level, dan penghargaan, serta fitur audio untuk memberikan umpan balik suara secara langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model Waterfall, mencakup analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, hingga pemeliharaan. Aplikasi dikembangkan menggunakan framework Flutter untuk platform Android dan diuji menggunakan metode blackbox testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik, mudah digunakan oleh anak-anak, serta efektif dalam meningkatkan minat belajar dan keterampilan literasi. Aplikasi ini memiliki potensi sebagai media pembelajaran alternatif yang mendukung pendidikan anak usia dini secara digital. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi inovatif dalam pembelajaran literasi yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Published

2025-05-30

How to Cite

Rizki Ananda, R., Syawali, Y., Kiswanto, D., Fikri Zulfi, M., Prana Walidin, A., & Rizki Andrian Fitra, M. (2025). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Gamifikasi Dengan Audio Untuk Pengenalan Huruf Anak Prasekolah. Syntax : Jurnal Informatika, 14(01), 37–50. Retrieved from https://journal-bmit.unsika.ac.id/index.php/syntax/article/view/40

Issue

Section

Articles